Keajaiban tidak pernah terjadi di Zona Nyaman, tulisan yang menarik pada bukunya sampai akhirnya saya benar-benar jatuh hati pada buku yang ditulis oleh Prof. Rhenald Kasali PhD yang merupakan guru besar Univeritas Indonesia dan pendiri rumah perubahan, buku ini membuat pembacanya menjadi optimistis terhadap diri dan bangsanya, bagaimana kita diajarkan untuk terus memperbaiki diri, berjuang, dan berubah. kita tidak boleh takut terhadap kegagalan, kegagalan harus dianggap sebagai sebuah hal yang biasa dalam perjalanan hidup, kecewa berkepanjangan dan membuat kita berhenti berjuang sangat tidak dianjurkan bagi pribadi yang mau berubah. Gagal atau berhasil itu merupakan sebuah proses yang panjang, bukan urusan setahun dua tahun.

 

kebanyakan buku mengungkap banyak strategi untuk sukses sehingga lupa fokus terhadap kebahagiaan diri sendiri, dalam buku ini berbeda bahwa pak Rhenald Kasali menepis paradigma kita yang menganggap kerja keras dulu kemudian sukses barulah pada akhirnya kita bahagia, padahal bagaimana kita akan sukses jika kita tidak bahagia, maka pastikan dahulu diri kita bahagia sebelum belajar atau bekerja. karakteristik masyarakat Indonesia pada umumnya adalah kita lebih pandai menemukan kesalahan orang lain daripada harus mengapresiasinya ini merupakan penyakit mental bangsa kita, pengalaman pribadi pak Rhenald dijelaskan dalam buku ini.

Kepemimpinan juga diajarkan melalui buku ini, bahwa untuk menjadi leader bukan hanya tentang pintar dan mempunyai nilai yang baik tapi membangun mental itu yang diperlukan, eittss… kepemimpinan yang dimaksud bukan berarti harus jadi bos yah.. yang dimaksud adalah jiwa kepemimpinan, jiwa kepemimpinan ini bukan tentang siapa diatas dan siapa dibawah karena itu hanyalah hierarki organisasi yang dikonsepkan dalam ilmu manajemen, jika tidak punya jiwa kepemimpinan tidak heran kalau kamu jadi pribadi yang jutek, seorang pemimpin harus punya rasa memiliki. apa yang kita lakukan dan bermanfaat bagi diri sendiri tentunya akan mati bersama kita, namun perubahan yang kita lakukan dan bermanfaat bagi orang lain akan kekal abadi. dalam buku ini banyak sekali quotes yang membuat saya jatuh hati, salah satu yang lain adalah “Jika perubahan yang sedang anda gerakan ingin menghasilkan karya nyata, maka batin-batin yang terluka harus terus diterapi, berikanlah harapan yang dibuktikan dalam kemenangan jangka pendek terlebih dahulu”.

Buku yang diterbitkan oleh Nourabook ini, tulisannya dibuat menarik sehingga membuat si pembaca tidak bosan, semua halaman berwarna-warni, desain dari buku ini dikerjakan oleh anak-anak muda, maka tidak heran buku ini menjadi buku kekinian. buku ini berisi 135 kutipan dan catatan inspiratif untuk memberimu kekuatan membawa perubahan.